Sabtu, 19 Maret 2011

Mengenali Orang Yang Sedang Berbohong

Posted by Ilmu Ku Untuk MU 08.13, under | No comments



Tanda – Tanda Orang Berbuhong
Dari penelitian berbagai ahli komunikasi nonverbal terdapat persamaan hasil tentang tanda-tanda orang berbohong yaitu diantaranya ;

  1. Menutup mulut
Menutup mulut adalah salah satu gerakan yang sering di lakukan anak kecil berbohong begitupula dengan orang dewasa atau orang tua. Keinginan menutup mulut merupakan gerakan refleks yang terjadi dengan sendirinya, saat itu tanpa disadari otak menyuruk tangan untuk menghentikan kata-kata bohong yang diucapkan.

  1. Batuk-batuk dengan rasa kaget
Batuk-batuk ini di timbulkan karena otak kita merasakan bahwa yang dikatakanya itu bohong dan tanpa sadar batuk-batuk.

  1. Menyentuh hidung
Gerakan ini relative lebih halus disbanding dengan tindakan menutup hidung. Orang yang sedang berbohong akan dengan sendirinya mengusap-ngusap bagian bawah hidung,baik secara lambat maupun cepat, anda akan kesulitan melihatnya.
Sewaktu pikiran negative(berbohong) memasuki alam bawah sadar otak serta merta akan menyuruh tangan untuk menutup mulut akan tetapi, saat tertarik tangan menuju mulut dan agar usahanya tidak terliahat jelas menutup mulut tangan di tarik menjauhi wajah yang ahsilnya adalah sentuhan cepat dihidung. Biasanya gerakan ini terjadu secara alamiah sehingga kadang orang terkecoh kalau sebenarnya gerakan ini menunjukan seseorang sedang berbohong.

  1. Memalingkan pandangan, mengogosok mata,
Saat berbohong mata akan selalu berupaya utnuk melihat kea rah lain, biak itu ke bawah, ke atas, yang terpenting bukan kelawan bicara. Bahkan yang sering terjadi adalah mata menerawang entah kemana, sementara mulut terus berbicara bohong. Biasanya mengalihkan pandangan diikuti dengan menggosok meta seolah-olah sedanga gatal, pasahal tidak. Bisa juga dengan tetap tertuju ke lawan bicara tetapi mata serign terasa gatal ( tidak benar-benar gatal ).
  1. Lebih sering berkedip
Adanya peningkatan jumlah kedipan mata. Orang yang berbohong menjadi gugup sehingga sehingga saraf matanya bekerja lebih cepat daripada biasanya.

  1. Memalingkan wajah
Memalingkan wajah ada hubunganya dengan gerak isyarat mengosok mata memalingkan wajah bisa dilakukan sebelum atau sesudah menggosok mata. Orang yang tidak memandang lawan bicaranya atau mendengarkan, sebenarnya sedang mencoba untuk menyembunyikan sesuatu.
  1. Mengaruk leher
Gerakan isyarat ini bisa dilakukan disisi kanan ataupun kiri leher, baik dengan menggunakan tangan kiri atau tangan kanan. Tidak ada penjelasan apakah menggaruk leher bagian depan atau belakang juga merupakan isyarat kebohongan. Gerakan ini merupakan respon saraf-saraf di sekitar leher yang pada saat berbohong akan terasa gatal. Sebenarnya, gerakan ini merupakan satu kesatuan dengan gerakan menutup mulut dan menyentuh hidung.

  1. Perubahan nada suara
Coba kita amati orang yang sedang diwawancarai olej seorang presenter tekevisi atau radio kadang perkataanya tidak menunjukan intonasi nada yang jelas sehingga harus diulang kembali, perkataan yang tidak jelas disebabkan oleh volume suara yang mengecil atau artikulasi suara yang tidak jelas, jika ini terjadi kemungkinan besar perkataannya tidak benar (berbohong).

Pada November 2001, Dr. Gabriel menulis sebuah artikel di situs picture@photo-analysis.com. Menurutnya, orang yang berbohong mempunyai tiga kondisi psikologis yaitu :
  1. Takut atau Cemas

  1. Kekuatan Untuk Menutupi Kebohongan

  1. Internal konflik

0 komentar:

Posting Komentar